Monday, April 9, 2018

3 Cara Melindungi Komputer Dari Virus Flashdisk



Virus memang sebuah hal yang merepotkan apabila menyerang komputer kita.Karena, virus dapat menyebabkan komputer kita terkena masalah seperti, kehilangan data ataupun melambatkan kinerja komputer.

Salah satu media perantara yang paling sering membawa virus adalah flashdisk.Hal ini membuat kita menjadi dilema, karena disatu sisi flashdisk sangat membantu kita untuk menyimpan data.Tapi, disisi lain flashdisk dapat membawa virus ke dalam komputer kita.

Bagi kalian yang mengalami masalah dengan flashdisk kalian yang sering membawa virus, maka cobalah 3 cara melindungi komputer dari virus flashdisk berikut ini.



1.Menggunakan Software USB Guardian 



USB Guardian adalah software yang dapat melindungi komputer kita dari virus baik virus trojan maupun virus lainnya, terutama virus yang masuk melalui flashdisk.Kenapa tidak menggunakan antivirus saja? Karena, ada kemungkinan ada beberapa virus yang dapat meloloskan diri dari antivirus, oleh karena itu kita menggunakan USB Guardian.Selain itu, kita juga dapat memindah file yang ada didalam flashdisk kedalam komputer tanpa membuka flashdisk telebih dahulu.Software ini merupakan software freeware jadi kita dapat mendownloadnya secara gratis.  

Download USB Guardian melalui link dibawah ini.

Download USB Guardian

2.Membuat Folder Autorun.inf

Simak langkah-langkah yang harus dilakukan dibawah ini : 

  • Pertama, buatlah sebuah folder didalam flashdisk

  • Lalu, gantilah nama folder tersebut menjadi autoran.inf 


  • Biasanya folder tersebut langsung terhidden ataupun tersembunyi.Tapi, jika folder tersebut belum tersembunyi, jangan khawatir karena kita tinggal menyembuniykannya sendiri denan cara klik kanan pada folder autoran.inf, lalu klik propertis, setelah itu centang pada bagian read only dan hidden lalu klik ok.Selseai folder tersebut terlah tersembunyi.

  • Cara ini dilakukan karena kebanyakan virus yang dibawa oleh flashdisk bernama autorun,inf, jadi, karena flashdisk kita telah memiliki folder autorun.inf maka secara auto virus yang bernama autorun.inf ini tidak akan bisa masuk.   


3.Menggunakan gpedit.msc

Berikut ini langkah-langkahnya :


  • Masuk ke windows run dengan cara menekan tombol windows + r, lalu ketikan gpedit.msc pada kolom windows run dan klik ok.

  • Setelah terbuka jendeal baru dan masuk kedalam Local Group Policy Editor, lalu pilih windows setting.

  • Kemudian klik security setting

  •  Langkah selanjutnya adalah memilih software restriction policies

  • Setelah itu kita klik additional rules.


note : Jika additional rules belum ada, tinggal buat saja sendiri.Caranya klik action yang diatas, lalu pilih add aditional rules
  • Setelah masuk di additonal rules, kita tinggal membuat rules baru dengan cara klik kanan pada tempat kosong, lalu pilih new path rule.

  • Pilih lokasi flashdisk anda berada, misalnya flashdisk saya berada di lokasi H:\ kemudian pilih disallowed pada security key  untuk membuat virus tidak bisa masuk lewat flashdisk kita.Langkah terakhir adalah klik apply untuk menyimpan settingan kita.


Virus adalah hal yang perlu dibersihkan jika kita menginginkan komputer kita tetap sehat.Dan alangkah lebih baiknya jika kita melindungi komputer kita dari virus.3 cara diatas merupakan cara yang sering saya gunakan untuk melindung komputer dari virus.Selamat mencoba dan semoga artikel ini membantu kita semua. 


4 comments: