Wednesday, April 4, 2018

Perkembangan Sistem Operasi Windows Dari Dulu Sampai Sekarang



Windows adalah salah satu system operasi yang paling banyak digunakan oleh umat manusia, baik pengguna komputer, laptop maupun notebook.Pasalnya, system operasi windows ini sangat mudah digunakan dan mempunyai design yang cantik.Sehingga menjadikan system operasi windows ini disukai walaupun kita harus rela mengeluarkan uang untuk menggunakannya secara penuh.Tapi hal itu sebanding dengan apa yang kita dapatkan.

Windows sendiri dibuat oleh Bill Gates dan Paul Allen dan dirilis pada tahun 1985.Sejak saat itu windows selalu diperbarui hingga sekarang.Perkembangannya pun sangat beragam dan akan terus meningkat pada masa depan.


Berikut ini perkembangan windows dari awal mula dibuat sampai sekarang :



1.Windows 1.0






Windows 1.0 pertama kali dipublikasikan pada bulan november 1985.Namun sebenarnya windows 1.0 sudah diluncurkan pada tanggal 10 november 1983.Hanya saja tidak dijual ke pasar publik.Karena banyak permasalahan yang menyebabkan hal tersebut.


Windows 1.0 ini adalah sistem operasi pertama didunia yang berbasis GUI ( Graphical User Interface ).Windows 1.0 merupakan paket GUI tambahan dan masih berjalan pada DOS, sehingga nama kodenya adalah interface manager.Windows 1.0 menggunakan bitamp serta sebuah perangkat tektikus yang dapat digunakan untuk mengoperasikan windows.


Windows 1.0 juga sudah dilengkapi dengan fitur multitasking yang dapat digunakan untuk membuka banyak proragram sekaligus.Di windows yang pertama ini Microsoft telah menambahkan beberapa program tambahan diantaranya Microsoft paintbrush, notepad, calculator, write, calender, clipboard, serta cardfire.Namun, windows 1.0 ini hanya memiliki satu game yaitu Reversi. 


Sedangkan Shell yang digunakan untuk mengatur berkas, windows 1.0 menggunakan MS-DOS Executive.Windows 1.0 juga mendukung MS-DOS secara langsung melalui windows.Sehingga kita tidak perlu masuk ke DOS terlebih dahulu untuk menjalankan program DOS. 




2.Windows 2.0






Selanjutnya ada windows 2.0 yang merupakan penerus dari windows 1.0 tadi.Windows 2.0 ini dirilis pada tanggal 9 Desember 1987 akibat pendahulunya yaitu windows 1.0 kurang mendapatkan kesuksesan.Hal itu disebabkan karena tidak banyak aplikasi yang mendukung windows 1.0.


Windows 2.0 ini telah mendukung pemakaian kartu VGA ( Video Graphics Array ) yang dapat menampilkan gambar hingga 640x480 dengan kejelasan warna 4bit(16 warna).Selain itu, Windows ini juga mendukung processor Intel 80286.


Setelah windows 2.0 dirilis, Microsoft kembali merilis windows 2.1 dan 2.3 dengan penambahan fitur protected mode serta penggunaan memory yang lebih besar di processor.


3.Windows 3.0







Windows 3.0 adalah penerus dari windows 2.xx yang dirilis pada tanggal 22 Mei 1990.Versi windows ini memiliki kelebihan diberbagai aspek dibandingkan dengan pendahulunya.Seperti GUI ( Graphical User Interface ) yang lebih menarik serta icon yang lebih banyak. 

Pada windows 3.xx, MS-DOS Prompt dan aplikasinya dapat dijalankan dengan banyak dan secara multitasking.Hal itu terjadi karena system DOS sedikit dirubah oleh Microsoft.Windows 3.0 juga dapat menggunakan kapasitasa memory diatas 640 KB, sehingga memudahkan para pengembang aplikasi windows dapat mengembangkan aplikasinya secara maksimal.


Ditambah lagi dengan adanya fitur SDK ( Software Development Kit ) yang membuat pengembang aplikasi lebih mudah dalam menulis dan  mengembangkan aplikasinya.


Setelah windows 3.0 menuai kesuksesan, Microsoft lalu meluncurkan windows 3.10 pada tanggal 6 April 1992.windows 3.10 ini memiliki berbagai fitur yang sangat mmembantu penggunanya.Seperti, kombinasi tombol ctrl + alt + del yang digunakan untuk merestart komputer, serta fitur drag and drop untuk mengcopy file.


Windows 3.10 juga disebut sebagai best selling GUI dalam sejarah.Walaupun windows 3.10 sukses besar, Microsoft tidak berhenti sampai disitu.Mereka memperbarui windows 3.10 menjadi 3.11 pada tanggal 8 November 1993 untuk memperbaiki bug yang ada di windows 3.10.



4.Windows 95





Versi windows selanjutnya adalah windwos 95.Sesuai namanya, windows 95 dirilis pada tahun 1995 tepatnya pada tanggal 14 Agustus 1995.
Berbagai fitur baru yang sangat inovatif diperkenalkan di windows 95 ini.


Dari fitur menu 'start' yang dibuat untuk menggantikan program manager.Selain menu start, di windows 95 ini juga diperkenalkan windows explorer sebagai pengganti file manager.Lalu dukungan plug and play, dukungan program aplikasi MS-DOS dan windows 16 bit serta windows 32-bit, dan juga diperbolehkannya menggunakan nama panjang hingga 256 karakter untuk nama file serta browser Microsoft Internet Explorer.



5.Windows 98



Setelah windows 95, Microsoft kembali mengeluarkan versi windows baru lagi yang diberi nama Windows 98.Windows 98 dirilis pada tanggal 25 juni 1998.Windows 98 merupakan windows pertama yang didesign secara khusus bagi pengguna.


Sebagai penerus dari windows 95, windows 98 ini jelas memiliki banyak tambahan fitur.Seperti dukungan AGP, USB, plug & play lebih bagus, sistem berkas FAT32, serta Internet Explorer versi 4.0.Windows 98 ini juga didiskripsikan sebagai sistem operasi "Work better, Play better" yang berarti "bekerja lebih baik, Bermain lebih baik".




6.Windows 2000




Windows 2000 atau bisa juga disebut Windows NT 5.0.Windows 200 ini merupakan versi windows yang dikeluarkan oleh Microsoft pada tanggal 17 Febuari 2000 di Amerika Serikat, setelah berulang kali ditunda.

Berbagai macam fitur telah ditambahkan pada versi windows ini.Diantaranya adalah image preview, active direktory yang baru, internet explorer versi 5.0, dukungan untuk microsoft directX, plug and play yang semakin canggih, windows media player, dukungan ACPI ( Advance Configuration Power Interface ) yang berfungsi sebagai penghemat daya, serta terminal service yang sudah terintergrasi.



7.Windows ME (Millennium Edition)




Windows ME ( Windows Millenmium Edition ) merupakan sistem operasi yang khusus ditujukan untuk pengguna rumahan.Microsoft merilis windows me ini pada tanggal 14 september 2000.

Pada versi ini, Microsoft membuang fitur real DOS dan active directory, serta menambahkan fitur On-Screen-Keyboard, automatic update, system restore, dan windows movie maker. 



8.Windows Xp




Pada tanggal 25 Oktober 2001, Microsoft akhirnya merilis windows xp.Yang dirilis dengan kestabilan yang melebihi pendahulunya, serta memiliki efisiensi melebihi windows me.

Windows xp ini memiliki interface atau tampilan yang cukup bagus pada masanya.Selain itu, versi windows ini juga memiliki penambahan fitur yang bagus.Dianaranya adalah dukungan pada sistem domain active directory, penigkatan pengaturan kontrol akses, serta mendukung EFS( Encryption File Sistem ) atau sistem berkas terenskripsi.  


9.Windows Vista






Selanjutnya ada windows vista yang diluncurkan oleh Microsoft pada tanggal 8 November 2006 untuk penguna bisnis dan tanggal 2 Januari 2007 untuk pengguna rumahan.Jarak yang cukup jauh dengan pendahulunya windows xp yang dirilis pada tahun 2001.

Fitur yang ditambahkan pada windows vista ini merupakan fitur yang bagus, diantaranya sepeti fitur aero ( Authentic Energetic Reflective and Open ) yang merupakan fitur  interface atau tampilan yang baru. 



10.Windows 7




Windows 7 dirilis untuk umum pada tanggal 22 Oktober 2009, kurang lebih sekitar tiga tahun setelah diluncurkannya windows. vista.Windows 7 ini merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh penguna komputer. 


Berbeda dengan para pendahuluya yang lebih mementingkan penambahan fitur-fitur baru, windows 7 ini lebih mementingkan pengembangan dasar windows.Dengan tujuan agar windows lebih kompetible dengan software dan hardware baru.   


11.Windows 8




Microsoft secara resmi meluncurkan windows 8 pada tanggal 26 Oktober 2012.Lalu, pada tanggal 26 juni 2013 Microsoft merilis versi windows 8.1 sebagai pembaruan windows 8 secara gratis.

Hal yang paling disayangkan pada windows 8 ini adalah hilannya start menu yang digantikan dengan start screen.Dan karena hal inilah yang menjadi salah satu alasan pengguna komputer harus berfikir dua kali untuk menggunakannya. 


12.Windows 10




Versi windows terakhir kali yang dirilis oleh Microsoft adalah windows 10.Versi windows ini diluncurkan untuk umum pada tanggal 29 Juli 2015.Windows 10 ini dirilis untuk meperbaiki kekurangan pada windows 8.



Nah, itulah sekilas mengenai perkembangan sistem operasi windows dari awal diluncurkan sampai saat ini.

Jika ada kekurangan, silahkan beri saran dan kritiknya di kolom komentar.   

6 comments:

  1. Kabar untuk pencinta Game android
    Bulan ini adalah Bulan special Terliris Game baru Action Mobile
    untuk download dan mendapatkan Aplikasinya silahkan klik link ini

    Http://bit.do/game-tebaru

    ReplyDelete
  2. yuk bergabung segera di bolayo.com
    min depo 50rb
    Bonus member baru 30%
    Bonus harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolay0

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    ReplyDelete
  3. Minimal deposit 50rb
    Bonus member baru 30%
    Bonus harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolay0

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    ReplyDelete
  4. Njer komen nya pada unfaedah,

    Btw ty info nya

    ReplyDelete