Friday, March 23, 2018

Program Utilities Yang Wajib Kamu Ketahui Fungsinya di Windows



Program utilities merupakan program-program pada windows yang memiliki berbagai macam fungsi.Ada dua jenis program utilities, yaitu :

Program Utilites Internal (Bawaan Windows)

Program utilites internal merupakan program yang sudah ada pada windows atau sudah terinstall bersamaan dengan terinstallnya windows  secara default.



Contoh dari program utilities internal yaitu notepad ( digunakan untuk menulis/text editoe ), wordpad( digunakan untuk menulis dokumen ),   game house (seperti solitaire,chees dll.) paint(untuk membuat gambar), dan masih banyak lagi.

Program utilites juga memiliki beragam jenis.Jenis tersebut dikelompokan berdasarkan fungsi dari masing-masing program.Berikut beberapa jenis dari program utilities internal :
  • File Manager, yaitu program utilities yang memiliki fungsi untuk memanagement file , seperti menghapus atau membuat data, meliahat file , melihat ruang disk yang masih kosong, dan masih banyak lagi.

  • Backup and Restore, yaitu program yang berfungsi untuk melakukan  backup data atau membuat duplikasi data dari hard disk atau file-file yang kita pilih.Tujuannya adalah agar data yang kita backup atau kita salin tidak hilang apabila komputer kita mengalami kerusakan.

  • Disk Scanner , yaitu program utilities yang berguna sebagai pembaca kesalahan dalam pengoptimalan kinerja sistem.Tujuannya adalah untuk mengoreksi kesalahan yang membuat program tidak berjalan secara normal.Disk scanner ini dapat mendeteksi serta memperbaiki kesalahan pada hard disk.
  • Screen Server, yaitu  program utilities yang berfungsi menampilkan annimasi ( gambar bergerak ) ketika tidak ada aktivitas pada komputer.
  • Disk Defragmenter merupakan program utilities yang digunakan untuk menata ulang file-file serta tempat kosong pada hard disk supaya kinerja komputer kita menjadi lebih baik.
  • Uninstaller adalah program utilities yang dapat kita gunakan untuk meng-uninstall atau menghapus program/aplikasi beserta file-file yang berkaitan dengan sistem.
  • Image Viewers, yaitu program utilities yang berfungsi untuk menampilkan gambar, mengedit gambar, dan mencetak gambar tersebut.

Program Utilities External
  Program utilities external merupakan program utilities yang tidak tersedia secara default pada windows.Jadi, untuk dapat mengggunakannya kita harus menginstallnya terlebih dahulu. 


  • Antivitus

    Antivirus adalah program utilities yang digunakan untuk melindungi, menscan, menghapus virus pada komputer kita.Antivirus ini akan terus berjalan pada background ( latar belakang windows ) apabila kita aktifkan.
  • CD/DVD Burning

     CD/DVD burning adalah program yang dapat kita manfaatkan untuk menulis atau menyalin file baik berupa video, audio, text ke dalam CD atau DVD.
  • Kompresi File

     Kompresi file merupakan program yang digunakan untuk mengecilkan ukuran dari suatu file.Bagi kita yang sering mengupload file berukuran besar akan sangat terbantu dengan program ini.Kare
  • Registery Cleaner

    Registery Cleaner ini merupakan program yang berfungsi untuk membersihkan file yang sudah menumpuk pada registery yang menyebabkan komputer kita menjadi terasa lebih lambat dari sebelumnya, Oleh karena itu kita perlu untuk menghapusnya agar komputer kita berjalan seperti semestinya.
  • Spyware Remover

    Spyware Remover adalah program utilities yang dapat kita gunakan untuk mendeteksi serta menghapus spyware maupun adware.

    Spyware merupakan sebuah program yang disematkan pada suatu komputer tanpa diketahuan pemilik komputer tersebut yang secara sembunyi-sembunyi mengumpulkan informasi tentang pemilik komputer tersebut , terutam
  • Internet Filter

    Internet Filter adalah sebuah program yang digunakan untuk menghapus atau menghentikan hal tertentu agar dihentikan. 



     

3 comments:

  1. yuk bergabung segera di bolayo.com
    min depo 50rb
    Bonus member baru 30%
    Bonus harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolay0

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    ReplyDelete
  2. Minimal deposit 50rb
    Bonus member baru 30%
    Bonus harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolay0

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    ReplyDelete