Monday, December 4, 2017

HDD , SSD dan SSHD

Perbedaan Penyimpanan / Storage HDD , SSD dan SSHD 


HDD , SSD dan SSHD adalah penyimpanan atau storage untuk membuat kinerja atau performa dari PC Anda lebih baik dari .Tapi masih banyak orang yang belum paham tentang perbedaan penyimpanan HDD , SSD dan SSHD. Ada beberapa faktor yang bisa sobat jadikan acuan untuk membedakan ketiganya. Biar sobat gak penasaran Langsung aja Kuy! 



 PENGERTIAN 


Yang pertama adalah perbedaan pengertian dari HDD , SSD dan SSHD. Apa sih pegertian dari HDD,SSD dan SSHD itu?Buat sobat yang masih belum tau ini adalah penjelasan singkat mengenai HDD , SSD dan SSHD. HDD (Hard Disk Drive) merupakan perangkat penyimpanan paling banyak digunakan,dan merupakan penyimpanan generasi lama. HDD merupakan penyimpanan berupa piringan berputar untuk menyimpan data, karena itu cukup beresiko saat bekerja karena komponen-komponennya bergerak. 




Gambar Hard Disk Drive 
 SSD (Solid State Drive) merupakan perangkat penyimpanan generasi baru, berbasis teknologi flash memory untuk menyimpan data. Karena menggunakan Flash, SSD tidak memiliki komponen bergerak. SSD sudah banyak digunakan oleh perangkat Notebook High-End dan Server . 

Gambar Solid State Drive 

SSHD (Solid State Hybrid Drive) merupakan penyimpanan hybrid yang menyatukan fungsi HDD dan SSD didalam satu perangkat penyimpanan. Pada dasarnya SSHD berbasis platter (piringan), tapi juga menyertakan flash memory agar transfer data menjadi lebih efisien.

Gambar Solid State Hybrid Drive 



Kecepatan 







Yang kedua adalah perbedaan mengenai kecepatan.Kalau soal kecepatan sudah pasti SSD memiliki kinerja yang sangat maksimal untuk booting serta memiliki kinerja yang sangat tinggi untuk baca ataupun tulis yang sangat amat baik. Sedangkan SSHD juga memberikan kinerja yang hampir sama dengan SSD dalam hal booting, pemuatan data dan juga peluncuran. Biasanya opsi ini sangat memadai untuk memberikan kinerja yang dibutuhkan oleh komputer sekarng ini.Namun lain halnya dengan HDD ,kinerja dari HDD bias dibilang kurang baik dari segi kecepatan dibanding dengan SSD maupun SSHD. 

Harga

Kali ini perbandingan dari segi harga.Sudah jelas sekali kalau soal harga pasti HDD lah yang paling terjangkau alias murah per Gigabyte.Sedangkan SSD adalah penyimpanan yang paling mahal. SSD berkapasitas rendah saja, pada tingkat kisaran ukuran sekitar 32 GB sampai dengan 64 GB sudah lumayan mahal. Apalagi SSD dengan kapasitas yang tinggi,pastinya harganya pun cukup tinggi untuk menguras isi dompet sobat karena biasanya harga penyimpanan/storage diukur dengan biaya tiap gigabyte nya.. Sedangkan SSHD biasanya memiliki kisaran harga yang lebih tinggi untuk setiap gigabyte nya dibandingkan dengan HDD tapi masih mending lah dibanding dengan SSD. 

Daya tahan dari Baterai

Biasanya penyimpanan/storage tidak akan berpengaruh pada daya tahan dari sebuah baterai di komputer atau laptop hingga lebih dari 10%. Sedangkan yang biasanya menghabiskan baterai adalah operasi daya dari Processor dan juga LCD. SSD biasanya memiliki daya yang paling efisisen diantara yang lainnya. Sedangkan tempat kedua daya yang paling efisien ditempati oleh SSHD karena SSHD dapat berputar turun dengan lebih sering jika dibandingkan dengan HDD. 

Ketahanan 

SSD merupakan sebuah opsi yang memiliki ketahan paling baik dan awet dikarenakan adanya desain “solid-state”. Tanpa adanya komponen bergerak, SSD dapat bertahan dari beberapa hal ekstrem seperti benturan, terjatuh, suhu ekstrem dan keadaan-keadaan ekstrim lainnya. 

Dari faktor-faktor diatas dapat disimpulankan bahwa perbedaan, keunggulan dan kekurangan Penyimpanan HDD ,SSD dan SSHD adalah pada teknologi yang digunakan, HDD menggunakan piringan disk sebagai media dan dengan ukuran kapasitas yang besar juga dengan harga terjangkau, dan SSD merupakan peningkatan dari HDD yang diharapkan akan memiliki kecepatan read/write yang lebih cepat namun sayangnya harga terlampau mahal juga tidak sebanding dengan kapasitas penyimpanannya. Dan yang terakhir adalah SSHD, yang menggunakan terobosan baru dengan menggabungkan perpaduan antara SSD dan HDD dengan tujuan menghadirkan sebuah media penyimpanan yang Cepat saat read/write, tahan banting dan kapabilitasnya baik dalam menyimpan data, kapasitas penyimpanan yang besar dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
Nah itu dia sedikt uraian mengenai perbedaan Penyimpanan HDD ,SSD dan SSHD

Semoga bermanfaat ya! Buat sobat-sobat semua.See you!

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya dan share ya!

 Berbagu ilmu itu indah !

4 comments:

  1. Kabar untuk pencinta Game android
    Bulan ini adalah Bulan special Terliris Game baru Action Mobile
    untuk download dan mendapatkan Aplikasinya silahkan klik link ini

    Http://bit.do/game-tebaru

    ReplyDelete
  2. Kabar untuk pencinta Game android
    Bulan ini adalah Bulan special Terliris Game baru Action Mobile
    untuk download dan mendapatkan Aplikasinya silahkan klik link ini

    Http://bit.do/game-tebaru

    ReplyDelete
  3. yuk bergabung segera di bolayo.com
    min depo 50rb
    Bonus member baru 30%
    Bonus harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolay0

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    ReplyDelete
  4. Good news bang, thank for information:d

    ReplyDelete