Monday, March 19, 2018

9 Software Untuk Membuat USB Bootable Dengan Mudah




Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai software yang dapat kita gunakan untuk membuat suatu usb bootable dan cara membuat usb bootable.

Tapi sebelum itu kita akan mencari tahu apa sih usb bootable itu ? Terus untuk apa kita membuat usb bootable ?

USB Bootable adalah Flashdisk yang dipakai untuk membuat installer sistem operasi (seperti windows).Dimana flashdisk ini digunakan layaknya cd installer.

Dengan menggunakan usb bootable ini kita sudah tidak membutuhkan cd installer maupun cd-room.Yang kita perlukan hanyalah file iso sistem operasi , flashdisk , dan software untuk membuat usb bootable.

Nah , jika sudah kita mengerti apa itu usb bootable dan kegunaannya.Mari kita lanjut ke pembahasan berikutnya.Yaitu Software yang dapat kita gunakan untuk membuat sub bootable ini.Langsung aja simak dibawah ini :



  1. RUFUS




    Software yang pertama adalah rufus.Rufus merupakan software yang ukurannya sangat kecil namun fungsinya lumanya besar.Karena software rufus ini dapat membuat usb bootable untuk beberapa sisrem operasi seperti Windows , Linux dan masih banyak lagi.

    Selain itu rufus juga lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan software usb bootable lainnya.Rufus bersifat portable , artinya kita bisa langsung menggunakan software ini tanpa menginstallnya terlebih dahulu.Saya juga lebih memilih menggunakan software ini untuk membuat usb bootable.


  2. WIN TO FLASH



    Berbeda dengan rufus yang merupakan software portable.Win to flash dapat digunakan secara portable maupun installer.Software ini dapat kita dapatkan secara gratis maupun berbayar, untuk menghilangkan iklan saat proses pembuatan usb bootable.

    Win to flash dapat membuat usb bootable dari seluruh sistem operasi windows.Selain windows win to flash juga dapat digunakan untuk membuat usb bootable dari sisitem operasi Linux.Software ini juga sangat mudah digunakan.


  3. YUMI



    Yumi adalah software untuk membuat usb bootable berikutnya.Walaupun namanya sangat unik ternyata YUMI merupakan singkatan dari Your Universal Multiboot Installer.Sortware ini juga memiliki link-link untuk mendownload file ISO.

    Berbeda dengan software lainnya , yumi dapat digunakan unutk membuat multi usb bootable.Selain itu software ini juga dapat diatur untuk melakukan formating atau tidak.Yumi juga sangat user friendly.


  4. UNIVERSAL USB INSTALLER



    Universal usb installer ini mempunyai interface yang hampir serupa dengan Yumi.Yang membedakan keduanya adalah yumi dapat digunakan untuk multiboot dan universal usb installer tidak.Universal usb installer ini juga hanya dapat digunakan untuk membuat usb bootable dari sistem operasi Linux.Sedangkan pada yumi sudah support semua OS.

  5. LILI



    Selain yumi ternyata masih ada software usb bootable yang memiliki nama yang unik yaitu lili.Tapi jangan salah lili ternyata adalah singkatan dari Linux Live.Sesuai dangan namanya lili ini sangat membantu kita dalam membuat usb bootable Linux.Hebatnya software ini , setelah selesai pemubuatan usb bootable kita dapat menjalankan Linux secara live tanpa melakukan reboot sistem operasi terlebih dahulu.

  6. WINSETUP FROM USB 





    Sama halnya seperti yumi winsetup from usb ini juga dapat digunakan untuk membuat multi usb bootable.Winsetup from usb ini juga sudah support sistem operasi windows dan juga berbagai distro linux.Interface dari software ini juga mudah untuk dipahami.

  7. UNETBOOTIN

    Unetbootin merupakan software yang cukup populer.Software ini juga memiliki kesamaan dengan Universal usb installer.Unetbootin sudah mendukung beberapa sistem operasi seperti Windows , Linux , dan juga iOS.

  8. WINTOBOOTIC



    Software ini sangat mudah untuk digunakan.Hanya tinggal drag and drop saja kita sudah dapat membuat usb bootable.Proses pembuatan usb bootable ini juga sangat cepat.Sehingga kita tidak perlu menunggu terlalu lama.

  9. WINDOWS BOOTABLE ISO CREATOR 



    Sama seperti rufus tadi windows bootable iso creator juga memiliki ukuran yang kecil.Software ini juga memiliki interface yang sangat mudah untuk dimengeti.Dan windows bootable iso creator juga merupakan software yang sederhana.

Itu dia 9 software yang dapat kita gunakan unutk membuat usb bootable.Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.Jika ada kesalahan mohon dimaafkan.Tulis kritik dan saran kalian di kolom komentar.

Dan jangan lupa untuk subscribe situs ini untuk mengikuti pembahasan menarik lainnya.



3 comments:

  1. Kabar untuk pencinta Game android
    Bulan ini adalah Bulan special Terliris Game baru Action Mobile
    untuk download dan mendapatkan Aplikasinya silahkan klik link ini

    Http://bit.do/game-tebaru

    ReplyDelete
  2. Kabar untuk pencinta Game android
    Bulan ini adalah Bulan special Terliris Game baru Action Mobile
    untuk download dan mendapatkan Aplikasinya silahkan klik link ini

    Http://bit.do/game-tebaru

    ReplyDelete