Thursday, March 15, 2018

Pengertian, Fungsi, dan Sejarah RAM(Random Access Memory)

Hai sobat ! Apa kabar? baik kan? Pasti baik kan? Biaik dong!

Kabar baik nih buat kalian , karena di hari ini kita akan mengorek informasi mengenai salah satu komponen (hardware) komputer/laptop yaitu RAM(Random Access Memory).Sudah tidak sabar? Langsung aja baca di bawah!

Pengertian RAM



Apa sih RAM itu?

Secara singkat RAM(Random Access Memory) merupakan komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan (memori) sementara ketika komputer sedang digunakan.Artinya setelah komputer mati , maka RAM akan kembali kosong dan diisi data baru yang dibutuhkan saat komputer digunakan kembali.Sesuai namanya RAM ( Random Access Memory ) ,RAM dapat diakses secara acak atau random , sehingga RAM memiliki kecepatan yang lebih cepat daripada media penyimpanan lainnya.


Fungsi RAM

Fungsi utana dari RAM ialah mempercepat pemrosesan data pada komputer.Maka semestinya, semakin besar kapasitas RAM yang dipasang , maka semakin cepat kinerja dari komputer , dan semakin mahal pula harganya.

Selain itu , RAM juga berfungsi sebagai media penyimpanan disaat komputer/laptop dalam keadaan hidup sehingga data masih tersimpann di dalam RAM selagi komputer masih hidup.

Misalkan, ketika kita membuat sebuah dokumen di Excel, kemudian kita tutup aplikasi Excel-nya dan kita lupa untuk menyimpan dokumen tersebut terlebih dahulu.Tenang saja dokumen yang kita buat akan tersimpan di memori RAM secara otomatis.Jadi , kita bisa membuka dokumen tersebuat melalui history terakhir dari Excel tadi.

Dan yang wajib kita ketahui RAM tidak hanya satu jenis saja, tetapi RAM memiliki beberapa jenis , berikut adalah jenis RAM dari masa ke masa yang wajib kita ketahui keberadaannya !
  1. EDORAM (Extended Out Random Access Memory)


    Gambar EDORAM


     Pada sekitar tahun 1995, EDORAM baru dikembangkan dan sudah mempunyai kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan jenis-jenis memori pendahulunya.Slot memori untuk memasaang EDORAM adalah 72 pin.

    Hebatnya RAM ini sangat cocok dipasang pada semua komputer generasi Pentium.Dan lebih hebatnya lagi RAM ini juga dapat menyimpan dan mengambil data memori secara bersamaan.Namun sangat disanyangkan RAM ini hanya memiliki kecepatan maksimal 50 Mhz saja.
  2.  DRAM (Dynamic Random Access Memory)

    Gambar DRAM


     DRAM ini adalah sebuah memori semikomduktor yang membuuhkan kapasitor sebagai sarana untuk menyegarkan data yanf ada di dalam DRAM.Kecepatan dari DRAM ini lumayan tinggi yaitu frekuensi kerja yang bervariasi antara 4,7 Mhz hingga 40 Mhz.Disebabkan DRAM ini menyimpan setiap bit (bagian) data dalam suatu sirkuit terpadu.

    Namun masih kalah cepat jika dibandingkan dengan SRAM.DRAM juga dikatakan sebagai memori yang lebih dinamis dibandingkan dengan memori yang lain.

    Kelemahan dari DRAM adalah data yang ada pada DRAM harus selalu disegarkan (direfresh) secara berkala oleh CPU agar data-data yang ada di memori tersebut tetap ada.


  3.  RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)


    Gambar RDRAM

      Komponen ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995 dengan kecepatan 600Mbytes/secon.Akan  tetapi pada tahun 1997 , kecepatan RDRAM meningkat hingga 700 MBps.Bahkan pada tahun 1998 meningkat menjadi 1,6 GBps.

    Sebenarnya RAM jenis ini pada awalnya dikembangkan untuk komputer dengan processor pentium 4 atau untuk keperluan perangkat gaming saja.Selain itu , RDRAM juga bertipe dinamis sinkron , serta menggunakan bus speed sebesar 800 Mhz.Slot memori untuk RDRAM adalah 184 pin.

  4.  SRAM (Static Random Access Memory)


    Gambar SRAM


    Kualitas dari SRAM ini dapat melebihi jenis RAM pendahulnya.Hal ini karena SRAM terbuat dari suatu alat semi konduktor yang tidak membutuhkan suatu kapasitor dan tidak membutuhkan suatu penyegaran secara berkala sehingga kinerjanya lebih cepat.


    SRAM in didesain menggunakan desain cluster enam transistor untuk menyimpan setiap bit informasi.Sayangnya , SRAM memiliki kekurangan yakni biaya prduksi yang sangat mahal.Tidak mengherankan jika RAM ini hanya tersedia dalam kapasitas kecil dan hanya dipakai untuk bagian yang benar-benar penting saja.Chip ini sering digunakan untuk chace memori.SRAM ini memiliki kecepatan yang dapat menyaingi kecepatan processor 500 MHz.
  5. SDRAM(Synchronous Dynamic Random Access Memory)

    Gambar SDRAM

    Jika DRAM memiliki kecepatan frekuensi kerja yang bervariasi  antara 4,7 Mhz hingga 40 Mhz , maka SDRAM memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding DRAM.Karena kecepatan SDRAM dapat mencapai 100 Mhz hingga 133 Mhz.

    SDRAM banyak dijumpai dan dipakai pada sekitar tahun 1996 sampai 2003.SDRAM juga memiliki 168 pin saluran transfer data.Ciri-ciri dari SDRAM ini yaitu memiliki dua celah dibagian kakinya.RAM ini sering diletakan pada slot DIMM/SDRAM di motherboard yang hanya mampu menampung memori mulai dari 16 MB hingga 1 GB.

  6.  FPM DRAM (First Page Mode DRAM)


     
     Gambar FPM DRAM
    Setelah tadi kita membahas mengenai DRAM , maka jenis RAM yang satu ini merupakan bentuk asli atau bentuk asal dari DRAM tersebut.Kecepatan transfer maksimum yang dimiliki untuk chace L2 hampir menjangkau angka 176  MB per detik.FPM berjalan pada frekuensi antara 16 MHz hingga 66 MHz dengan akses waktu mencapai 50ns.

  7. Flash RAM

    Gambar Flash RAM

     Flash RAM merupakan jenis memori berkapasitas rendah yang biasanya digunakan pada perangkat elektronik seperti TV , VCR , hingga ponsel lama.Namun sayang , memori yang satu ini hanya dapat dipasang pada perangkat yang memerlukan refresh dan daya sedikit.

  8.  DDR SDRAM(Double Date Rate SDRAM)

    Gambar DDR SDRAM


      Jenis RAM yang satu ini menjadi salah satu dari sekian banyak RAM yang mempunyai kecepatan tertinggi melebihi RAM lainnya.Sehingga tak bisa dipungkiri , jika RAM ini sering dijumpai melekat diberbagai perangkat pada zaman sekarang ini.Karena DDR SDRAM ini memiliki kecepatan yang amat tinggi melebihi jenis memori lainnya.Maka sudah pasti RAM ini dapat menjalankan lebih dari satu proses sekaligus pada waktu yang bersamaan,.Memori ini memiliki 184 pin.RAM jenis ini juga mengonsumsi daya listrik lebih rendah.

    Yang perlu kita ketahui DDR SDRAM ini telah berkembang dengan sangat pesat.Dari awal mulanya DDR SDRAM , DDR2 RAM , DDR3 RAM sampai DDR4 RAM.Tapi , pada masa sekarang yang masih dijumpai  dibanyak komputer hanya DDR3 dan DDR4.Untuk kapasitas memori inipun cukup besar hungga mencapai 16 GB per chipnya.

  9.  VGARAM(Video Graphic Random Access Memory)


    Gambar VGRAM

      Memori ini befungsi sebagai tempat penyimpanan sekumpulan pixel bagi suatu tampilan grafik.Jika menggunakan VGRAM ini maka akan mengurangi tekanan pada processor serta memberikan performa grafis yang bagus.

  10. SO - DIMM(Small Outline Dual In-line Memory Module)



     Gambar SO-DIMM

    Memori ini merupakan jenis memori yang digunakan pada perangkat laptop/notebook.Bentuk fisiknya cukup ringkas dan kecil , kira-kira setengah dari ukuran DDR RAM sehingga lebih menghemat ruang,Memori SO - DIMM ini selalu mengikuti perkembangan yang terjadi pada RAM personal komputer.


    Demikian pembahasan singkat kita mengenai RAM(Random Access Memory).Jika ada kesalahan mohon dimaafkan.Semoga artikel ini bemanfaat bagi kita semua.

    Jangan lupa tulis kritik dan saran kalian pada kolom komentar di bawah!

    Dan nantikan pembahasan menarik lainnya di situs ini !

6 comments:

  1. http://myinformationcomputer.blogspot.com/2018/03/pengertian-fungsi-dan-sejarah-ramrandom.html

    ReplyDelete
  2. Kabar untuk pencinta Game android
    Bulan ini adalah Bulan special Terliris Game baru Action Mobile
    untuk download dan mendapatkan Aplikasinya silahkan klik link ini

    Http://bit.do/game-tebaru

    ReplyDelete
  3. yuk bergabung segera di bolayo.com
    min depo 50rb
    Bonus member baru 30%
    Bonus harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolay0

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    ReplyDelete
  4. Terima kasih kak informasinya sangat membantu sekali..

    oh ya kami bahas hal yang sama juga loh..
    mampir yuk untuk share ilmu dan tambah-tambah bacaan.

    https://bangamingadget.com/peran-ram/

    terima kasih

    ReplyDelete